Cara Mengatasi masalah Reload Software: 552

Pernah denger tentang error pada saat booting di blackberry, biasaya akan muncul white screen kemudian tertulis "reload software :  552". Itu lah yang saya alami kemarin, saya tidak tau pasti apa penyebabnya. Mungkin karena aplikasi pihak ke tiga yang kita instal tidak kompetibel atau korup sehingga hendset kita jadi tidak dapat digunakan. Jika kalian pernah atau sedang mengalami error tersebut jangan khawatir BB kalian masih bisa digunakan, tidak perlu membawanya ke galery resmi, karena mereka akan mengklaim BB kalian bener-bener rusak, dan biayanya pun sudah pasti tinggi, atau malah apabila yang menggunakan BB BM akan di vonis PIN ny disuspend lah, atau BB kamu sudah tidak bisa digunakan, sebaiknya beli baru saja ( harapan setiap penjual..hehehehe ).

Tidak perlu takut walaupun BB kalian BM error tersebut akan kita atasi . Jika masalahnya adalah reload software : 552 maka jalan satu-satunya adalah dengan cara WIPING ( Menghapus dan menginstall kembali sistem operasinya ). Proses wiping tidsak bisa dilakukan melalui perangkat BB kalian. Untuk itu kita butuh aplikasi untuk melakukan Wiping. saya menggunakan JL_Cmder
Wiping menggunakan aplikasi ini lebih keras dibandingkan menggunakan hendset BB kita ( semua akan terhapus baik email, kontak, log, dll ).

Sekarang kita akan lakukan proses wiping terlebih dahulu

Silakan didownload terlebih dahulu aplikasinya :

Download ( JL_Cmder )




* Setelah didownload, ekstrak semua filenya, lalu klik install

* Selanjutnya colokan kabel USB ke perangkat BB kalian,
   (PC akan secara otomasis mendetect perangkat BB kalian.)

* kemudia jalankan JL_Cmder
   ( akan butuh waktu sebentar untukmendeteksi perangkat blackberry kalian )

* kemudian pada screen awal  "Press any key to continue" ketik sembarang huruf kemudian enter

* kemudian, kalau BBnya pake password ketik "Y" kalau tidak ketik "N"


* Ketik 4 pada Command Prompt untuk memulai WIPE



* Selanjutnya akan muncul pertanyaan apakah kalian yakin mau wipe, ketik "Y" untuk lanjut


* Kemudian ketik "blackberry" dan enter untuk memulai proses

 
Jika kalian membaca tutorial disitus/blog lain, maka kalian akan dsiinstruksikan harus melepas baterai saat wipe. Sebenarnya saat Wiping tidak perlu melepas baterai beda halnya dengan reset to factory yang harus melepaskan baterai.

Sekarang BB kalian sudah di-wipe, perangkat BB kalian akan restart dengan sendirinya kemudian akan kembali pada white screen, tapi kali ini sedikit berbeda, disana tidak lagi terlihat tulisan reload software : 552 tetapi berubah menjadi reload software : 507 . Kalian bisa bernafas lega karena proses wiping telah berhasil.

* jangan cabut dulu kabel USB kalian.

Selanjutnya tinggal meng-install OS pada perangkat BB kalian ( saya anggap kalian telah menginstal Blackberry Desktop Manager atau Blackberry Desktop Software pada PC kalian, kalian bisa gunakan versi terbarunya untuk mendapatkan OS 5.0. atau OS 6.0). kalian bisa download di situs resmi blackberry.
Download Desktop Manager


Caranya Installasi OS sangat mudah :

Pertama :
Masuk ke derectory C:\ProgramFiles\CommonFiles\ResearchInMotion\Apploader
Pada folder Apploader tersebut cari Vendor.xml lalu hapus file tersebut.

Kedua :
Jalankan Desktop Manager yang kalian download tadi, Secara otomatis akan meminta pembaruan perangkat.
Klik ambil pembaruan
atau kalian bisa melihat versi lainnya dengan klik versi lainnya
Selanjutnya tinggal ikuti perintahnya saja. Proses install dapat berlangsung sampai dengan satu jam.

Perlu di ingat :
- Saat instalasi OS jangan pernah mencabut kabel USB yang terhubung ke perangkat BB kalian.
- Saat instalasi selesai maka kalian harus mengatur ulang kembali blackberry kalian.
   ( mulai sdari e mail, jam, tanggal, bahasa, sdll )

15 comments:

luki said...

saya sudah melakukan wipe dgn jl_cmder tapi error pada BB tidak berubah jadi 507, melainkan tetap 552, mohon petunjuk...
thx b4

daffy said...

b'arti Jl_cmder nya belom jalan gan...
klo proses wipingnya sukses BB nya langsung restart lgi trus errornya brubah jadi 507.. baru bisa d reload lagi OS nya..
d coba lagi aja..
emng kadang2 sering gitu.

Billy Cancer said...

gan tampilan di BB saya sudah white screen dengan reload software : 507 .
trus masuk ke DM trus cara nginstal OS untuk ke BB nya lewat menu mana gan ? thank

myheart1978 said...

kok BB yg terkena status 552 ini gak bs konek ama PC yah? padahal di PC udah ada DM tu?

Film Hemat said...

mkasih gan bb ku tadinya error 102 reset bla bla bla,trus aku make jl_camder tak buat wipe,pokoknya ngikut cara abang yg di atas skrng dah beres makasih gan,nie mau update os 6 telkomsel,maju teruss

'Ega' Muhammad said...

Udah berhasil wipenya connected sama hp, cuma pas reset BBnya bukan ke error 507 tapi tetep ke error 552 lagi.. Mohon bantuannya gan..

'Ega' Muhammad said...

Gan bikin videonya dong, butuh banget nih.. makasi ya gan

Ipunk said...

Gan tks infonya ke pake bgt buat gw yg gi kebingungan

Ipunk said...

Gan gmn cara format bb storm 9550

Ipunk said...

dan gmn caranya ambil aplikasi hasil download ke bb storm , tks infonya

willdone said...

waah saya udah diwipe ampe restart 4x, tapi masi tetep reload software: 552. jadi gimana ini? agan agan dan aganwati minta infonya donk.

markus harison said...

numpang nanya.cara menyembuhkan error 523 itu,bgaimana yah?

Syaid said...

numpang nanya ni,,, q sdah lkukan sprti yg diatas tetapi tetap saja 552 bkan 507
mhon ptunjuknya

™Jack_Cool™ said...

gan numpangnanya nih..
kan saya udh proses upgrade pas di tengah" eror apploader..
pas saya coba trz ggl..
trz gmna cara mecahin masalah saya..
thx..

mohammad syahurudin said...

gan udah 507 ta[i pas lg donolod putus mulu pdhl internet bgus aja,,apa g ada cara lain untuk instal OS nya gan,, thx

Post a Comment